Rabu, 13 Maret 2013

Tips Sebelum Membangun Rumah

Sebelum membangun rumah tinggal ada beberapa hal yang mungkin perlu buat kita tinjau. Beberapa hal tersebut diantaranya:

Perencanaan Desain Rumah.

Dengan desain rumah tinggal yang matang maka akan memudahkan kita dalam melakukan pelaksanaan. Jumlah dari bahan yang diperlukan akan mudah dianalisa serta diketahui volumnya.
Organisasi dan alur ruang dapat teratur dengan baik yang akan memudahkan kita mendapatkan fungsi ruang dengan baik. Utilitas bangunan seperti saluran udara, air, dan kotoran akan dapat dianalisa dengan baik.
Perencanaan desain rumah memang sangat diperlukan apabila kita hendak membangun rumah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gambar desain ini pula yang nantinya akan digunakan untuk mengurus IMB.

 

Mengurus Ijin Mendirikan Bangunan

Ijin mendirikan bangunan adalah kebijakan yang baik untuk kita dalam memperoleh standartisasi rumah yang layak dan sehat. Pada saat kita melakukan ijin maka pihak Pemkot akan menganalisa bangunan yang akan kita bangun apakah sudah baik dari segi pencahayaan, udara, saluran air, dan pengaruhnya ke lingkungan sekitar kita.
Kita akan mengetahui berapakah jarak yang ideal antara rumah kita dengan jalan raya sehingga meminimalkan pembongakaran pada bangunan kita apabila nanti ada pelebaran jalan yang ada di depan rumah kita.

Pemilihan Bahan Bangunan Yang Tepat.

Bahan bangunan memang perlu kita pilih dari sekian banyaknya alternatif yang ada di pasaran. Disamping harga yang terjangkau menjadi pertimbangan ada beberapa hal yang mungkin juga perlu dipertimbangkan adalah faktor pemeliharaan atau perawatan dari bahan bangunan. Bahan bangunan yang awet seperti pemilihan bahan galvalum sebagai alternatif dari atap kayu, pemakaian almunium pada kusen pintu dan jendela, dan masih banyak contoh yang lain.
Pada dasarnya bahan yang mudah perawatannya akan membuat bangunan kita awet dan tahan lama asalkan bahan yang kita pilih masih selaras dengan tema atau model rumah kita, dan harganya masih terjangkau.

1 komentar:

  1. Mengenai ijin membangun Rumah di Sleman Yogyakarta untuk urusan ijin itu yang bener bener lebih lama dari ijin membangun rumah dikawasan lainnya. Itu yang kadang menajdi persoalan jika ijin itu terlalu lama keluar.

    BalasHapus